Game Tema Geography Untuk Temani Selama Traveling

Game geography traveling



Dulu suka pelajaran geography enggak? Jujur aja, dulu aku enggak begitu suka sama mata pelajaran ini. Menghapal nama ibu kota sampai mengingat nama bendera. Belum lagi belajar lempeng bumi dan segala macam. 

Astaga, buatku pribadi, pelajaran Geografi adalah momen terbaik untuk bawa cemilan di dalam kelas. Dan cemilannya harus diumpetin di laci meja. Biar enggak ketawan.

Tapi, semenjak sering traveling muter jawa barat, jawa tengah sampai jawa timur. Akhirnya, terbesit satu pertanyaan, "kenapa dulu belajarnya enggak kaya gini ya?"

Kegiatan traveling sambil mengunjungi museum atau lokasi sejarah. Merupakan cara belajar geografi sekaligus belajar sejarah yang paling efisien buatku. Karena sejak traveling, akhirnya aku paham mengenai nama gunung di jawa timur. Sampai gunung yang tampak saat lewat jalan tol. Jadi mikir, kenapa dulu belajar geografi enggak semenyenangkan sekarang ya? 


Belajar Geografi Melalui Game Traveling

Biar makin menyenangkan selama traveling. Siapa tau ada yang bawa anak dan ingin menghibur anak sesekali dengan mengizinkannya bermain gim. Coba deh mainin gim dari https://plays.org

Di website ini tersedia ribuan gim. Mulai dari gim yang menghibur, yang bikin mikir, yang bikin jantung degdegan sampai yang mengedukasi juga ada.

Khusus untuk traveler yang butuh gim edukasi. Bisa pilih di menu Geography Game. Sesuai dengan namanya, daftar permainan di menu ini berisi gim yang berisi pelajaran tentang geografi.

Penasaran gimnya seperti apa dan bagaimana cara mainnya? Mari dibaca sampai tuntas ya.

State - Bingo Game

Permainan ini cocok buat anak-anak yang sudah bisa membaca. Terutama untuk membaca bahasa inggris. Biasanya, anak generasi Z ini mudah memahami bahasa percakapan teknologi, loh. Meskipun bahasanya itu bahasa inggris.

Cara memainkannya cukup dengan meng-klik jawaban yang sesuai dengan clue. Klik jawaban pada gambar di atas. Sementara clue-nya tayang di bagian bawah. Untuk level satu dengan soal nama ibu kota negara, clue tampil dengan dua huruf perwakilan yang memudahkan anak untuk menjawab pertanyaannya.

Namanya permainan Bingo. Tentu level satu akan berhasil kalau kita bisa menyelesaikan satu baris pertanyaan. Sehingga bisa tercipta garis "Bingo" pada layar.

USA Map Puzzle

Untuk gim yang satu ini bisa dibilang latihan mengenal peta. Jadi, karena ini namanya puzzle, berarti kita diminta untuk menyusun potongan gambar yang tersedia.

Nah, dikarenakan permainan ini dibuat oleh orang Amerika. Mau enggak mau peta yang harus disusun adalah peta amerika punya.

Sekalian biar anak-anak belajar mengenal peta juga kali ya. Biar tau bentuk peta, terutama peta USA.

Game geography traveling


Wonders Around The World Spot The Difference

Ini gim favoritku banget. Gara-gara opening videonya yang menarik. Gambarnya itu loh, cheerful banget. Udah gitu lokasi permainannya ada di tempat-tempat wisata di wilayah Amerika.

Permainan ini sebenarnya cukup mudah. Salah satu tipe gim kesukaanku juga yaitu spot the difference. Kita diminta untuk nyari perbedaan di dua gambar yang tersedia.

Karena disuguhkan dengan tempat-tempat menarik. Disertai visual grafis yang benar-benar bagus. Main gim ini malah bikin betah. Juga sekalian mengasah konsentrasi selama menemukan perbedaan dari gambar yang ada.

World Bingo

Gim ini hampir sama dengan State-Bingo. Tapi, asiknya di permainan ini adalah adanya benua Asia dan negara-negara yang terletak di Asia. Memungkinkan anak-anak bisa mendapat pertanyaan tentang Indonesia.

Di permainan ini level pertamanya pun sudah cukup bikin mikir. Buat anak-anak tentu mereka akan butuh bantuan orang dewasa. Soalnya, pertanyaannya menyebutkan nama kota di suatu negara. 

Nanti clue tampil di bagian bawah. Seperti di state-bingo. Cluenya berupa pertanyaan, terletak di negara apa kota Kathmandu itu? Misalnya. Tentunya jawabannya adalah Nepal!

Buat anak-anak yang main gim ini. Mereka akan belajar dan menambah pengetahuan mengenai nama kota, negara sampai bendera setiap negara. Asik kan? Pastinya anak-anak jadi betah main gimnya.

Kenapa Harus Main Di Plays.org?

Pertama, permainannya didominasi oleh gim yang ramah buat anak-anak.

Kedua, audio dan visual yang bagus dan enggak murahan. Juga bisa bikin anak-anak tertarik.

Ketiga, gim yang ada banyak mengandung edukasi untuk anak-anak. Jadi enggak sekadar bermain aja tapi juga bisa sambil belajar.

Keempat, enggak memakan banyak kuota. Karena desain grafis serta codingnya menggunakan bahasa pemrograman yang ringan.

Kelima, enggak perlu instal aplikasi ini dan itu. Cukup dimainkan melalui browser yang ada.


Game geography traveling


Penutup

Dari semua gim yang ada. Selain Word Around The World yang punya visual grafis keren. Aku paling betah mainin World Bingo. Soalnya, banyak banget ilmu yang aku dapet selama main gim ini.

Bayangin, aku bisa tau nama-nama kota di satu negara tanpa harus pusing lihat peta. Walaupun ada beberapa pertanyaan yang akhirnya aku menyerah dan nanya sama google. Maklum, mengingat nama kota di semua negara Asia itu PR banget kan.

Tapi, main gim ini benar-benar bikin refresh. Bisa jadi teman selama perjalanan juga. Terutama saat di kendaraan dan mulai terasa bosan. Daripada mati gaya, lebih baik main game geography ini aja.


Ah, jadi pengen cerita pengalaman traveling di sini. Kapan-kapan deh aku cerita juga di sini.

Terima kasih sudah baca tulisanku :).

Related Posts

Tidak ada komentar: