Funfact : Bulan Pizza Nasional? Baru Tau Nih

bulan pizza nasional

Bulan Pizza Nasional
Dan Perjalanan Pizza Di Dunia Juga Di Indonesia

Ada yang suka makan pizza? Sudah tahu fakta menarik tentang pizza? Jadi ternyata ada loh Hari Pizza Nasional di Amerika Serikat yang jatuh tepat pada bulan Oktober. Perayaan pizza ini sudah ada sejak lama. Dan sebagai penyuka pizza, aku juga baru tau mengenai fakta menarik Bulan Pizza Nasional ini.

pizza tobasco sauce

Pizza Dari Mana dan Kenapa Namanya Pizza?

Hidangan yang rasanya gurih ini sebenarnya banyak dikonsumsi di wilayah Mesir kuno, Romawi dan Yunani. Perjalanan panjang sajian ini akhirnya muncul juga di italia sebagai tempat kelahiran pizza yang lebih modern. Adonannya berbentuk bundar dan pipih, kemudian dipanggang di dalam oven dimana toppingnya lebih sering saus tomat juga keju dengan tambahan bahan lain yang bisa dijadikan topping sesuai selera.

Percaya atau tidak? Kalau ternyata yang membuat pizza pertama kali, namun dalam bentuk roti pipih, itu adalah orang Cina kuno. Yang kemudian menyebar pertama kali ke India sehingga menjadi sajian utama di negara ini. Kemudian, perjalanan pizza mampir juga ke mediterania dan akhirnya berlabuh di Italia. Perjalanan kuliner Pizza ini memang cukup panjang, seringnya berkaitan juga dengan sejarah hingga pizza ini juga hadir di negara Amerika Serikat.

Penemuan nama pizza ini sudah ada sejak tahun 997 Masehi. Dan berasa dari kata Pizzicare yang konon berasal dari bahasa italia kuno berarti memetik. Kenapa begitu? Sebab, makanan ini cara mengambilnya persis seperti memetik. Juga pada saat proses dimasak yang dilakukan di atas batu-batu panas juga seperti kegiatan memetik.

Tahu tidak, kalau pizza ini punya manfaat sebagai penyerap antioksidan Lycopene yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Juga bisa menurunkan kolesterol yang tinggi. Sumbernya dari tomat matang yang sudah dipanggang. Dan lebih baik dibanding tomat segar mentah.

Perjalanan Pizza di Indonesia

Makanan berbahan tepung ini masuk ke Indonesia pada masa pemerintahan presiden Soeharto sekitar tahun 1980-an. Dari kehadiran tempat makan pizza yang berasal dari negara lain. Sebuah restoran pizza tertua di Indonesia.

Perbedaan pizza dari Italia dan Amerika ada pada bentuk sajian pizzanya. Pada pizza asli Italia, adonannya tebal sementara pizza ala Amerika berbentuk pipih atau tipis.

Untuk sajian topingnya, di Indonesia sendiri yang banyak disukai masyarakat kita ada toping :

- Pepperoni yang dimana sajian di atasnya diberi irisan daging
- Keju
- Sosis
- Jamur


Selain topping inti di atas, ada dua sayuran yang sering ada di beberapa sajian pizza beragam topping. Yaitu bawang bombay dan paprika yang rasanya seperti cabai tapi tidak pedas.

Di masyarakat Indonesia, selain pilihan topping yang beragam. Ada juga nih yang sering dijadikan pilihan selera bagi pecinta pizza. Yaitu pinggiran pizza yang dinamakan crust. Ini memang modifikasi dari pizza modern dari negara asalnya. Di Indonesia, modifikasi ini justru yang paling melekat dan banyak diminati, terutama crust yang berisi keju atau sosis.

Selain sajian pizza mulai dari topping-nya hingga crust atau pinggirannya. Ada juga nih cara menikmati pizza yang bercita rasa tinggi. Yaitu dengan menambah saus khusus yang bisa dijadikan cocolan atau ditaruh di topping atasnya. Saus khusus ini sudah bisa ditemukan di swalayan terdekat.

pizza

Bulan Pizza Nasional Amerika Serikat Bersama Soulmate TABASCO® Sauce

Saat mencicipi sajian pizza, jangan lupa untuk ingat TABASCO® Sauce yang ternyata bikin tambah nikmat. Saus ini tuh memang diproduksi di Amerika, tepatnya di Avery Island. Kemudian didistribusikan oleh PT. Sukanda Djaya di bawah naungan Diamond Group. TABASCO® sauce original ini diciptakan racikannya oleh Edmund Mcllhenny sejak tahun 1868.

Saus ini memiliki bahan dasar yang alami seperti pepper yang disimpan selama tiga tahun di dalam barrels dimana sudah dicampur dengan tambahan garam dan cuka berkualitas tinggi. Tenang saja, meski prosesnya mengalami penyimpanan yang agak lama, tapi TABASCO® pepper sauce ini sudah mendapat sertifikat HALAL dan mudah didapat di supermarket terdekat.

Pokoknya, kalau lagi nongkrong bareng teman atau quality time bareng keluarga. Terus ingin makan camilan bersama yang sesuai taste. Harus banget pesan pizza yang ukuran besar biar bisa dikonsumsi bersama. Dan pastinya lagi ingat PIZZA ingat TABASCO®.

Untuk rekomendasi TABASCO® pepper sauce yang enak, buatku yang original juga udah oke banget. Ada juga sih varian lain yang tersedia di swalayan terdekat, seperti : TABASCO® Habanero, TABASCO® Garlic, TABASCO® Chipotle. Pedasnya TABASCO® pas di lidah, tidak berlebihan tentunya. Cocok untuk dijadikan cocolan saus atau mau dituang jadi topping pizza juga oke. Yang pasti memang TABASCO® ini teman paling cocok untuk menikmati pizza bersama keluarga dan teman.

Seperti aku yang juga asik menikmati pizza berukuran medium dengan topping keju dan campuran jagung yang menjadi paduan pas antara manis dan gurih. Ditambah lagi dengan saus TABASCO® original yang bikin lidahku bergetar saking enaknya.

Related Posts

Tidak ada komentar: