Kue Balok Brownies Coklat Ki Raden Bekasi

kue balok



Ada yang udah pernah icip kue balok? Kalau di Bekasi, kita nyebutnya dengan nama kue pancong.

Pertama kali kenal dengan kue balok ini. Pas baru pulang dari Tasikmalaya. Di perjalanan pulang, kelaperan melanda

Eh, alhamdulillah pas lagi meluncur di jalan. Tampak dari jauh gerobak abang-abang penjaja makanan. Pas dibaca Kue Balok, langsung penasaran seperti apa kuenya. 

Setelah beli Kue Balok, terus lihat bentuknya. Kepikiran sama Pancong. Soalnya bentuknya sama. 

Tapi, baru paham deh aku, kenapa disebut Kue Balok. Karena, dibanding dengan Kue Pancong yang lebih lembut. Tekstur Kue Balok yaa persis seperti namanya, agak keras. 

Terus, dicampur dengan dinginnya Tasikmalaya. Akhirnya, ini Kue Balok rasanya kayak es batu, hehehe. Maklum, karena Kue Baloknya sudah jadi dan memang enggak ada kompor untuk menghangatkan si kue ini. 


Kue Balok Brownies Di Mutiara Gading Timur



Kue balok


Meski bentuknya sama dengan Kue Pancong. Masalah penamaan makanan ini, enggak boleh dianggap remeh. 

Walaupun masih sama-sama di wilayah Jawa Barat. Bekasi justru lebih banyak didominasi oleh kebudayaan betawi.

Jadi, Kue Balok tetap Kue Balok namanya. Ketika hadir di Bekasi dalam rupa yang dikemas berbeda. Kue Balok masih harus dikenal demikian. 

Beruntunglah di kawasan Mustika Jaya Bekasi Timur ini. Kue Balok sudah hadir dan mengisi deretan kuliner yang beragam. 

Cocok untuk teman ngemil kala bosan melanda. Maklum, di wilayah MGT ini, setiap cluster sudah menjalani lockdown lokal sejak awal April. 

Kebayang kan, gimana gabutnya kalau enggak ada GoFood dan GrabFood disertai kuliner asik buat teman di rumah? 

Nah, saat iseng scrolling menu-menu di aplikasi. Mataku tertuju pada tulisan Kue Balok Ki Raden di salah satu merchant. 

Wuih, spontan dong. Langsung keingetan memori 3 tahun lalu pas pertama kenal sama si kue. 

Karena penasaran, langsung aja pesan pakai aplikasi. Tinggal menanti abang pengantarnya di depan cluster. 



Review Kue Balok Brownies



Kue balok


Hal yang unik dari Kue Balok yang Ipeh pesan ini adalah adonannya yang dibuat seperti Brownies. 

Tapi, kesan kerasnya masih tetap ada. Meski diolahnya seperti brownies. 

Selain itu, ada tambahan coklat di dalamnya yang membuat Kue Balok Brownies ini istimewa buat Ipeh. 

Kalau dari daerah Mustika Jaya atau Bekasi timur. Terus, ingin bawa oleh-oleh. Nah, KBB ini bisa dijadikan oleh-oleh. 

Packing yang digunakan untuk mengemas makanan ini cukup sederhana tapi ekslusif. Informasi mengenai Kue Balok Brownies Ki Raden ini juga detil. Jadi, buat yang mau beli langsung bisa hubungi kontak di kotaknya. 

Untuk masalah rasa, ini dia nih yang pengen Ipeh tulis. Waktu dimakan, kondisi KBB ini masih anget. Katanya baru aja selesai keluar dari oven. 

Tahu enggak, saat gigitan pertama tuh rasanya enaaaaak. Manisnya pas, rasa coklatnya bener-bener terasa, beda kalau cuma essens aja. 

Terus, di dalam KBB ini ada lelehan coklat juga, dong. Pastinya bukan coklat kiloan yang murah. Soalnya, ipeh tau banget rasa coklat kiloan yang murah. Dan ini rasanya beda. 

Kalau makan KBB sambil ditemenin sama Kopi atau Teh hangat. Rasanya pasti makin maknyus. 



Penutup



Kue pancong


Kue Balok Brownies ini tetap mengikuti bentuk Kue Balok pada umumnya. Namun, olahannya ditambah seperti olahan brownies. Dan cara memasaknya juga menggunakan oven. 

Kalau Kue Balok ini sepertinya sama dengan Kue Pancong. Sama juga sebenarnya konsepnya, dipanggang. Tapi, panggangannya beda. 

Kalau Kue Balok, dipanggang di tempat cetakan khusus. Di atas kompor langsung. Jadi, bergantung pada keahlian abangnya, saat bikin kue balok ini. 

Sementara kalau dipanggang di oven kan bisa diatur suhu serta waktunya.

Kue Balok Brownies Ki Raden ini bener-bener mood booster banget. Sampai lupa kalau lagi bosan tingkat dewa karena ngendon di rumah. 


Ada enggak jajanan baru atau jajanan lawas yang baru dicicipi lagi? Terus bisa mendongkrak mood yang sedang down? 


Related Posts

47 komentar

  1. saya orang Purwokerto Jawa Tengah, juga deket banget dengan kedai kue balok. Tiap beli di lokasi bisa langsung santap dalam kondisi hangat. Tapi... tidak nyoklat kaya di artikel ini. Makanya, jadi penasaran banget nih.. di tempat aku tuh harga per pcs 2500. Kalau yg KBB ini berapaan ya mbak?

    BalasHapus
  2. Lihat cerita dan foto2nya, kayaknya enak banget nih kue baloknya. Pas buat ngisi waktu dan nambah mood booster pas lagi di rumah saja kayak sekarang ini

    BalasHapus
  3. aku sampe bolak balik ngecek ini blog Ipeh atau bukan, hehehe baru tau yang domain ini. Aku biasanay beli kue balok kaya gini di Bandung, wah ternyata sekarang ada ya di deket sini. Bisikin lokasi tepatnya ya.

    BalasHapus
  4. Dari fotonya aja udah bikin ngiler banget nih kak. Sayang banget aku belum pernah nyobain kue balok ini. Kalau aja deket, aku delivery deh itu kuenya wkwkwk.

    BalasHapus
  5. Belum cobaaa tapi udah kebayang rasanya yang legit. Unik juga cara panggang, ada alat khusus ya

    BalasHapus
  6. Wow lumuran coklat yg belumer banget membuat saya ingin menikmati kue balok brownies.. apalagi dalam keadaan beku juga enak haha

    BalasHapus
  7. Di Jogja juga ada balok lumer ini. Meskipun beda merk. Enak sih legit dan lezat. Apalagi pas gigit bagian tengahnya yang lumer..hmm. yummy...

    BalasHapus
  8. Sebelas tahun tinggal di Bogor tapi belum pernah cobain kue balok, padahal sering liat loh di gerobak di kompleks dulu. Bayangin kelembutan tekstur pas dah brownies gitu, jadi kangen ke Jabar. Ke Bekasi pun jarang banget, paling pas ada undangan nikahan hehe.

    BalasHapus
  9. Duuh, penasaran saya Mbak kue balok brownies ini, apalagi ada lelahan coklat di dalamnya itu, duuhhh jadi ngences beneran ini 😁

    BalasHapus
  10. Woow ini mah bikin pengen. Untung blm puasa nih haha. Wah boleh nih kalo ke sana mampir untuk cicipin balok ini.

    BalasHapus
  11. Adikku pernah dibawain oleh-oleh dari orang tua muridnya. Sayang, saya cuma kebagian gambar karena lagi jauh. Katanya sih uenak banget. Duh, jadi mupeng pengen nyobain juga.

    BalasHapus
  12. Aku belum pernah cobain kue balok, tapi foto di atas itu, ya ampun lelehan di dalam Kue Balok Browniesnya sukses bikin ngiler mbak. Ada cabang di Jakarta nggak sih?

    BalasHapus
  13. Pernah kepengen nyobain kue balok yang Hits ini mbak. Tapi aku masih nggak kuat sama manisnya coklat dan akan lumernya isian coklat itu. Kalau dari gambar nya pengen aja, tapi kalau disuruh nyobain, belum mau. Kecuali ada yang beliin baru mau dehh keknya kwkkwkwkkwk

    BalasHapus
  14. wah kue balok browniesnya bikin pengen, coklatnya lumer banget pasti enak ini buat teman minum teh atau buat ngemil cantik :D

    BalasHapus
  15. Kalo di Bandung, kue balok mah kue balok. Kalo kue pancong itu di Bandung sodara deket sama bandros.

    BalasHapus
  16. wowww aku kok jadi kepengen mamam kue balok, sudah lama banget ngga merasakan kelegitan dan kenikmatan cokelatnya. Meleleh dan meledak didalam mulut apalagi kalau sudah sampe dikunyah bagian tengah

    BalasHapus
  17. Brownies dibuat jenis apa aja namanya menurut daku nikmatnya tak terkira, walaupun belum pernah sih membuat sendiri, seringnya langsung makan. Soalnya daku demen rasa coklat.

    BalasHapus
  18. Ini enak banget mbak apalagi ada balok browniesnya yang di dalamnya ada coklat lumer gini jadi pengen banget makan di sore sendu gini euy.

    BalasHapus
  19. seru banget menikmati kue balok saat ini. meskiun sebenarnya itu kue kuno, tapi saat ini kue balok tampil dengan berbagai toping dan isi. jadi bisa pilih sesuai selera kita. soal rasa, sebenarnya nggak terlalu istimewa. tapi karena toping dan isinyamacam-macam, jadi ngak bolesan menikmatinya lagi dan lagi

    BalasHapus
  20. Beuh auto ngiler aku kak. Udah sedari lama mau kue balok gak kesampaian. Kehabisan melulu aku. Kudu PO kalau di sini. Padahal kan udah gak sabar makannya

    BalasHapus
  21. Kue balok ini menjadi favorit banget apalagi rasa coklatnya yang manis dengan lumer yang buat makin menikmati deh. Di Medan banyak juga yang jual kue balok tapi versi yang berbeda sepertinya dengan ini.

    BalasHapus
  22. Unch baca reviewnya aku jd ngiler nih, secara kue brownis itu kue favorit. Tp bisa dipesan di luar pulau gak kak?

    BalasHapus
  23. waktu ke Malang, ada satu toko kue kecil di pinggir jalan yang biasa aku lewati saat ke rumah nenek, yang menarik perhatianku. Dia jual kue balok. Sempat tanya ke suami kue balok itu aoa, dia juga nggak ngerti. Baca ini, baru ngeh, ternyata kue balok itu kaya gini, mana isinya coklat pula. Menggugah selera

    BalasHapus
  24. Suami saya suka banget dengan kue balok. Selain kue balok yang original suka juga dengan varian coklatnya yang lumer seperti ini.

    BalasHapus
  25. Duh enyak enyak bangeeet kak gambar lelehan cokelatnya bikin pengin kunyah jugak. Kalau di tempatku ada yang jual varian rasa lainnya, apakah Raden ini jg ada? Memang paling enak kalau pas lagi hangat ya kak

    BalasHapus
  26. Kue Balok ini adalah salah satu kesukaan suamiku, dulu pas masih tinggal di kota Bekasi dia suka beli ini. Sekarang ada beraneka macam ya kak, ada brownies juga. Penasaran banget sama rasanya.

    BalasHapus
  27. Di dalamnya ada lelehan coklat kayak lava cake ya. Kejutan banget bikin nggak berhenti mengunyah.

    BalasHapus
  28. Astaghfirullah kii, tahan dulu tahan, baru juga mulai puasa. Buka puasa masih jauh waktunya wkwkwkwk. BTW ini kue balok nampaknya sedep banget yak, cocok nih buat dijadiin oleh-oleh kalau berkunjung ke bekasi.

    BalasHapus
  29. bacanya pas tepat mau jam-jam buka puasa nih kak, cocok buat teman ngopi di sat habis tarawih nanti. Itu lumeran coklatnya endeus

    BalasHapus
  30. ya ampun lelehan coklatnya menggiurkan banget kak sumpah pengen ngorder jadinya..tapi aku penasaran sama cerita kak Ipeh yg di Tasikmalaya kue baloknya keras kayak batu...trus gmn cara makannya kak..asli g kebayang bisa keras kyk batu.. binun heheh

    BalasHapus
  31. Eh ini baru sahur lo, udah ngeces aja lihat yang coklat coklat, suka banget sama brownies dn coklat coklat lain, apalagi ada yang meleleh didalamnya... serius hahaha

    BalasHapus
  32. Buseeet salah banget ngunjungin blognya pas bulan puasa hahahha, bikin maau. BTW ini lelehan coklatnya kok bikin yang ngeliat berasa itu coklat dah meleleh dimulut ya. Bisa kirim-kirim ke Bengkulu gak ya

    BalasHapus
  33. Meskipun kelihatannya seperti kue pancong, aku taunya kue pancong itu ga ada isian mba kalau disini, paling cuma dikasih meses diatasnya. Baru ini tau ternyata bisa dimodif jadi kayak bronis dan dikasih isian cokelat

    BalasHapus
  34. Ini udah modifikasi ya Kak Ipeh, Kue Balok Brownies Ki Raden. Soalnya kl sama ama kue pancong beda ama brownies kan ya... jadi pingin bikin

    BalasHapus
  35. Ya ampuun ngiler banget liatnya. Ini bisa dipesan online gak ya?
    Pengen dr kapan tau kepengen banget sama Kue Balok huhu

    BalasHapus
  36. Kue balok brownies nya tuh menggoda banget sih Kak aduh sampai ngiler nih di sini sayang Belum ada yang jual di Balikpapan. Coklat lumer nya lagi sepertinya bikin nagiih banget kalau lagi makan

    BalasHapus
  37. haduh ngeces, dulu pernah cobain yang ada di bandung. enaak. browniesnya lembut banget. belum ada lagi yang sama, tapi keknya ini harus di coba siapa tau rasanya mirip-mirip kaya yang pernah di cobain di bandung. obaat kangen hihi.

    BalasHapus
  38. Suka banget sama kue balok ini, apalagi saya penyuka cokelat. Tapi dulu saya dibeliin adek saya dari Jogja

    BalasHapus
  39. Selama ini saya familiar dengan kue balok tanpa macem2 rasa. Sering lihat kue balok brownies ini juga sih, beda merek tapii hehehe..

    BalasHapus
  40. Kalo di Jakarta kue pancong kan yang terbuat dari tepung beras, terus ada kelapanya ya, terus ditabur gula pasiir. Jadi gurih manis gitu. Baru tau kalo di Bekasi kue pancong sama dengan kue balok.

    Kuenya keliatan yummy...

    BalasHapus
  41. Aku paling suka itu makan kue balok yang rasa cheese.... Kalau rasa coklat kagak nolak juga... Kuenya lembut dan lumer coklatnya ya

    BalasHapus
  42. Oo.. di Medan pun sudah booming beberapa bulan lalu nih kak.
    Isi dalamnya kadang divariasikan sama coklat, greentea, keju dan lainnya.

    BalasHapus
  43. Kue baloknya menggugah selera banget nih Mbak Ipeh, apalagi dengan lelehan coklat di dalamnya. Enak nih buat disajikan saat berbuka puasa.

    BalasHapus
  44. Saya pernah makan kue balok tapi yang Sari Pasundan. Emangnya nyoklat banget rasanya. tapi gue begini tuh nggak bisa banyak-banyak kalau banyak-banyak malah jadinya eneg.

    BalasHapus
  45. Kue balok emang enak, temanku BeHangat.Com jga jual kue sejenis ini di daerah solo. kuenya sangat manis dan di dalamnya ada lumeran coklat.

    cocok buat buka puasa nanti

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Aku juga suka kue balok, kak. Jadi pengin nyobain kue balok brownies-nya Ki Raden deh. Keknya pas buat buka puasa nanti, gitu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Halo...
Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. Dengan bahasa yang sopan dan santun.

Subscribe Our Newsletter