https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

7 Rekomendasi Jajanan Malam Hari Saat Musim Hujan

Selasa, 27 Oktober 2020
Minuman malam


Makanan Minuman Malam Hari Kala Hujan. Ujan-ujan gini, enaknya itu menikmati makanan yang ringan. Terus, ditemani minuman hangat yang bisa bikin badan tetap bugar. Duh, asik banget pasti. 

Beberapa hari belakangan ini. Udara di Bekasi, lagi galau. Kadang panas membara namun bisa menjadi dingin akibat guyuran hujan. 

Memang, sudah waktunya musim hujan tiba. Tapi, tampaknya cuaca panas masih sering ingin menemani. Jadi, mulailah tampak kegalauan yang berakibat pada gangguan kesehatan berupa badan meriang, hidung seperti terganggu hingga cepat lelah. 

Tapi, kalau saat malam-malam terus pengen ngemil sesuatu. Kayaknya, makanan ini asik buat teman ngemil selama pancaroba. Camilan apa sih? 


Makanan Minuman Saat Malam Setelah Hujan


1 Sekoteng

Minuman dengan isian seperti kolang-kaling, kacang, potongan roti sampai butiran mutiara kecil ini. Memang enak dikonsumsi saat udara dingin. Apalagi, campuran jahe dan terkadang kental manis, bisa bikin badan terasa hangat. 


2. Kacang Hijau Dan Ketan Hitam

Siapa yang enggak kenal dengan bubur kacang hijau dan ketan hitam? Makanan ini enggak terbatas waktu konsumsinya. Bisa dinikmati pagi, sebagai teman sarapan. Atau mau malam hari, sebagai camilan yang asik saat menjelang tidur. Kapan aja dikonsumsi tetap enak. Dan lagi, paduan pandan serta jahe yang membuat bubur ini juga baik untuk kesehatan. 

Enggak cuma itu, kandungan nutrisi yang berasal dari kacang hijaunya pun cukup banyak. Jadi, sambil ngemil, badan juga mendapat asupan nutrisi. 


3. Roti Bakar

Aroma roti bakar tuh, lezat dan nikmat banget, ya. Apalagi kalau makan roti bakarnya ditemani segelas susu hangat. Tambah nikmat. Roti bakar dengan segala macam variannya. Emang lezat dijadikan cemilan saat malam hari. Apalagi, buat yang suka ngemil sebelum tidur. Meski memang enggak direkomendasiin setelah makan terus tidur. Roti bakar ini emang camilan yang bisa mengenyangkan. Soalnya, kandungan karbohidrat cukup tinggi, yang berasal dari tepungnya. 


4. Bakso

Ini sih bukan cemilan, ya. Tapi, buat sebagian orang. Bakso ini termasuk cemilan, loh. Soalnya, makan besarnya itu nasi. Jadi, selain nasi, ya namanya cemilan. Makan semangkuk bakso saat udara dingin emang asik banget. Bisa bikin badan hangat dan kadang bisa bikin keringetan karena pedas. Walaupun bakso juga bisa dikonsumsi saat udara panas juga, sih. Bisa dibilang, sajian di semua situasi dan kondisi. 


5. Susu Jahe Merah

Ini minuman yang mulai naik daun lagi. Soalnya, keberadaan si jahe merah ini yang bikin minuman sujame makin banyak dicari. Konon, jahe merah bisa bikin daya tahan kuat. Yang pastinya, menarik banget di saat kondisi pandemi seperti saat ini. 

Tapi, meski enggak pandemi pun. Minum susu jahe merah tuh emang enak. Bisa bikin tenggorokan hangat. Dan badan pun jadi enak, enggak pegal-pegal. 


6. STMJ

Susu telur madu jahe, dicampur dijadikan minuman yang enak banget. Sayangnya, di Bekasi ini enggak banyak penjual STMJ yang asli. Waktu itu pernah ngerasain STMJ di warung Indomie dan Bubur Kacang Hijau pondok hijau permai. Lokasinya setelah pintu keluar tol, belok kanan ke arah jatimulya. Ada Apotek yang letaknya di sebelah kiri, tak jauh dari pintu tol. Nah, di situ ada warkop gitu. Pernah nyicip STMJ di sana. Seger banget rasanya. 


7. Bir Pletok

Minuman khas banget di daerah Bekasi. Meski, enggak bisa dibilang khas Bekasi atau berasal dari Bekasi, sih. Soalnya, ini minuman yang awalnya ada di suku Betawi. Karena, Bekasi masih menginduk sama Jawa Barat yang notabennya bukan Betawi, tapi sunda. Jadi, enggak bisa ngaku-ngaku juga. Walaupun kebanyakan orang Bekasi itu orang Betawi. 

Bir Pletok emang cuma namanya aja yang kayak minuman keras. Padahal, minuman ini terdiri dari rempah seperti jahe, kayu sechang, daun pandan wangi, kayu manis dan serai. Aromanya yang wangi serta menghangatkan tubuh ini, udah mulai jarang ditemui. Penjualnya pun udah sedikit atau malah di beberapa daerah enggak ada sama sekali. 


Penutup


Beberapa cemilan berupa minuman atau makanan yang disajikan saat malam hari. Emang enak banget, ya. Terutama kalau habis ujan. Bisa bikin badan hangat dan kuat menghadapi musim pancaroba. 

Ini baru hidangan malam di Bekasi. Pasti di daerah lain makin banyak dan beragam, ya. 

Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Tetap jaga kesehatan dan terapkan protokol kebersihan, ya. 


Author

Ngiderbae.my.id

Blogger, Writer, Pedagang Online

Halo...
Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. Dengan bahasa yang sopan dan santun.