https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Bakmi Djowo Di Perumahan Bumyagara Mustika Jaya

Minggu, 05 April 2020
Bakmi jawa



Apa kuliner yang pengen banget dicicipi setelah wabah berlalu? Kalau Ipeh, pengen ngider dulu terus mampir lagi ke kedai Bakmi Djowo di Perumahan Graha Indah Mustika Jaya

Apa sih yang bikin ingin mampir ke kedai bakmi Djowo lagi? Yang pasti karena rindu ingin makan mie. Kedua, karena selama di rumah aja, penerapan gaya hidup sehat sudah dipraktekkan. Boleh dong ya, sekali-kali ngecheat dulu. 


Mencicipi Bakmi Djowo Di Graha Harapan Mustika Jaya



Lokasinya masih ada di sekitar tempat tinggal Ipeh. Siapa tahu ada yang sedang ada di dekat Tambun Selatan atau Mustika Jaya. Jadi, bisa mampir ke tempat ini. 

Kenapa suka bakmi djowo? Jawabannya ada di bawah ini. Silakan disimak, ya.


1.Bentuk Mie Yang Berbeda



Perbedaan yang melekat antara bakmi djowo dengan mie rebus abang gerobak tek-tek. Yaitu pada bentuk mienya. 

Mie yang dipilih untuk sajian bakmi djowo ini cukup besar diameternya. Persis seperti mie pasta untuk spageti. Atau seperti Mie Aceh yang juga menggunakan mie jenis yang sama. 

Kalau makan bakmi djowo di mana pun. Pasti sama bentuk mienya, besar-besar dan nampol di perut. 


Bakmi jawa


2. Rasa Yang Sederhana Tapi Membekas



Walaupun bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat bakmi djowo ini sederhana. Cuma bawang putih, kemiri, merica, garam dan terkadang ditambah gula. 

Namun, ada ciri khas yang membekas dari bakmi djowo ini. Menjadikan rasa bakmi yang sederhana, seperti masakan rumahan, tidak berlebihan micin atau penyedap rasa. Bahkan, campuran sayuran bergizi dalam satu porsinya, cukup banyak. 

Ketika melewati tenggorokan, ada rasa hangat yang menjalar. Ada keringat yang ikut mengucur bersamaan kunyahan yang cukup semangat. Dan satu lagi, aroma yang membuat rindu dengan kampung halaman. 


3. Keistimewaan Yang Terletak Pada Prosesnya



Aroma ciri khas dari tungku yang digunakan untuk memasak bakmi djowo inilah yang menjadi keistimewaannya.

Masakan yang dimasak di tungku, selalu menguarkan aroma berbeda dengan masakan yang diolah di atas kompor. Karena itulah, biasanya untuk menyiapkan seporsi bakmi djowo. Akan memakan waktu cukup lama. 

Menanti hidangan tersaji, sambil mengobrol santai. Tampaknya seperti membangun suasana agar lebih santai dan rileks. Tanpa terburu-buru apalagi marah karena harus menanti. 

Kebanyakan pelanggan yang datang, mereka asik dengan obrolan mereka. Sampai pesanan datang. Menyiptakan suasana yang tenang. 

Ketika seporsi bakmi djowo dihidangkan. Aroma tungku ikut terasa melewati hidung dan seperti bisa mencecap kehangatan darinya. 


4. Hidangan Tambahan Yang Khas



Yang kusuka dari sajian Bakmi Djowo di tempat ini adalah sajian minumannya. Ada pilihan menu seperti wedang uwuh, jamu kunyit asem, jamu beras kencur dan teh poci yang disajikan dalam teko berbahan tanah liat. 

Duh, jadi serasa seperti bukan di Bekasi


Bakmi jawa


5. Harga Yang Masuk Akal



Buat Ipeh, mengeluarkan uang 17ribu untuk seporsi Bakmi Djowo spesial itu cukup masuk akal. Karena, memang rata-rata harga makanan di sini, Mustika Jaya Bekasi, sekitar 15rb sampai 20rb.

Dibilang murah, enggak juga. Dibilang mahal pun enggak. Termasuk harga standar, apalagi yang Ipeh pesan ini bakmi djowo spesial.


Pengalaman Makan Bakmi Djowo Ayam Kampung



Waktu pertama mampir ke kedai bakmi djowo mas gondrong ini. Malam sudah larut, tapi pembeli yang ada di warung ini masih ramai. 

Lokasinya berada di deretan ruko depan, perumahan Graha Harapan Mustika Jaya Bekasi. Persis di jejeran ruko sebelum pintu masuk gerbang utama. 

Ada dua kedai Bakmi Djowo di tempat ini. Sama-sama ramai dan sama-sama khas aromanya. Meski namanya berbeda.

Yang Ipeh pilih, nama di petanya Bakmi djowo mas gondrong. Tapi, di spanduk depan warungnya Bakmi Djowo Ayam Kampung. 

Jadi, ayam suir yang dicampur bakminya ini benar ayam kampung? Benar banget. Ayam kampungnya juga banyak porsinya. Sekali makan, satu porsi ini tuh ngenyangin banget. 

Seperti yang sudah Ipeh tulis di atas. Buat yang belum pernah makan bakmi djowo yang dimasak di atas tungku. 

Saat memesan, harap bersabar. Karena, memang proses masak di tungku ini enggak secepat masak di atas kompor. Jadi, memang agak sedikit lama. 

Kenapa Ipeh tulis lagi? Soalnya, dulu, waktu suka makan bakmi djowo di rawa lumbu. Bapakku ikut mesan. Dan tau apa yang terjadi? 

Beliau batal makan di situ, karena sudah kelaparan, hehe. Akhirnya pesanannya ipeh minta bungkus. Biar tetap bisa dimakan di rumah. 

Kalau dibilang lama banget sih, buatku ya enggak terlalu lama. Mungkin karena sudah tahu dan terbiasa, ya. Jadi, santai dan seringnya malah keasikan ngobrol tau-tau makanannya sudah jadi. 

Bakmi djowo


Penilaian Dan Peta Lokasi



Buat yang sedang mampir di Mustika Jaya Bekasi. Atau lagi ada kesempatan mampir ke Tambun Selatan Bekasi. Bisa mampir ke kedai Bakmi Djowo Mas Gondrong ini. 

Letaknya di sebelah kanan kalau dari arah Grand Wisata. Dan sebelah kiri kalau dari arah Dukuh Zamrud atau Kota Legenda. 


Untuk Penilaian :



Rasa Makanan 4 / 5
Menu Minuman 4 / 5
Pelayanan 3.5 / 5
Lokasi 3.5 / 5
Parkiran 4 / 5


Lokasi di Google Map




Author

Ipeh Alena
Halo...
Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. Dengan bahasa yang sopan dan santun.

  1. Dari cerita diatas kyk bukan di Bekasi tapi kyk di Yogya hehe. Emang nih bakmi jowo spesial rasa dan aroma karena dibuat diringkus ya jadi ada aroma asap tungkainya.Lezat yg pasti

    BalasHapus
  2. duh kesukaanku dan suami ini bakmi djowo ada banyak ya bakmi djowo enak di mustika jaya. kebetulan saya tinggal di bekasi juga nih, nanti mau ah di mampiri satu-satu setelah boleh keluar dari rumah hihi, makasih infonyaa.

    BalasHapus
  3. Juara banget nih bakmi Jowo di Graha Harapan Mustika Jaya ya Mba Ipeh. Btw saya jadi nambah list makanan yg mau dibuat di rumah nih, termasuk bakmi ini deh insyaallah hehe. Tfs yaa

    BalasHapus
  4. Hmm, so yummy yaa Kak Ipeh,, bakmi Jowo yg di Graha Harapan Mustika. Btw, saya jadi masukin list nih bikin bakmi jowo home made buat anak2 nih, saat2 kek gini pas banget buat eksekusi koleksi resep kan ya

    BalasHapus
  5. Sebagai orang Sumatera asli, saya jadi penasaran dan kepengen nyicipin nih bakmi jawa. Kuliner nusantara tuh emang selalu memikat bagi saya 😁

    BalasHapus
  6. Bagi pecinta mie, bak mie selalu menjadi menu yang menarik ya. Apalagi mie juga bisa sangat mengenyangkan seperti halnya nasi.

    BalasHapus
  7. Wah Berapa lama saya sudah tidak makan bakmi jowo lagi? 10 tahun lebih kali, trims diingatkan Kak nanti kalau pulang kampung Maudy sempetin makan bakmi jowo di solo atau Jogja. Bakmi jowo ini nggak ngangenin banget sih citarasanya khas

    BalasHapus
  8. Jadi inget, dari beberapa waktu lalu pengen beli bakmi jowo, belum sempet beli, eh, korona datang, hiks.

    BalasHapus
  9. Jadi pengen mencicipi bakmi jowo. kalo aku lihat sekilas bentuknya memang benar seperti mi aceh. besar-besar tapi apakah rasanya sama dengan mi aceh?
    www.BeHangat.Com

    BalasHapus
  10. waaah enak banget nih keliatannya bakmi jawa mas gondrong
    unik juga ya sama pilihan minumannya yang tradisional

    BalasHapus
  11. Dududu...saya jadi ngiler pengin bakmi jowo juga. Duluu, waktu masih kuliah, saya pernah singgah di warung bakmi jogja legendaris, namanya Bakmi Mbah Mo. Tempatnya di Bantul. Rasanya lezat, pakai ayam kampung dan telur bebek. Minumnya jeruk nipis panas. Yummy banget..Jadi kangen pengin ke sana lagi 😁

    BalasHapus
  12. Aku belum pernah makan bakmi jowo, jadi penasaran deh dengan cita rasa dan di masak menggunakan tuku, jadi masih tradisional banget ya

    BalasHapus
  13. Saya pernah makan bakmi tapi baru coba bakmi DKI gitu Mbak Ipeh, beda ya bakmi DKI dengan bakmi Jawa? Pengen cobain bakmi Jawa jugaa

    BalasHapus
  14. Aaaa, makanan favorit. Mau dimakan di Yogya, di Bandung, di Bali, di Bekasi sekali pun, yg namanya bakmi jawa emang lezatossss.

    BalasHapus
  15. Memang kl dimasak di tungku jd khas banget ya aroma bakminya Kak Ipeh, itu koentji rahasianya x yaa

    BalasHapus
  16. Bakmi juga termasuk makanan yang banyak difavoritkan orang ya. Kalo di masa kecil saya dulu, bakmi tu warnanya putih bening, kayaknya cuma bumbu bawang goreng ama garam aja. Tapi dah enak jaman itu mah.

    BalasHapus
  17. Terjangkau ya kak.. diliat dari prosesnya yang pake tungku segala, 15-20 ribu itu masih masuk akal banget. Aku liat bentuk mie nya berasa lagi makan pasta.

    BalasHapus