Makanan Khas Daerah Bekasi Itu Nasi Uduk, Ya?

Makanan khas daerah bekasi


Beberapa waktu lalu, ada yang nanya ke Ipeh, "kok di bekasi banyak banget penjual nasi uduk?". Beliau adalah saudara yang beberapa bulan sebelum covid, mampir ke bekasi.


Bagi masyarakat Bekasi, mau pendatang ataupun yang memang sudah dari nenek moyangnya tinggal di Bekasi. Kehadiran nasi uduk, saat sarapan maupun saat makan tengah malam. Bukan hal yang aneh. Karena, nasi uduk sudah kayak makanan khas daerah bekasi.


Coba aja kalau enggak percaya. Setiap gang atau di setiap pinggir jalan saat pagi hari. Pasti banyak pedagang nasi uduk putih atau nasi uduk kuning yang menjajakan makanannya.


Selain sering dijadikan menu sarapan. Nasi uduk juga sering dijadiin menu buat bekal anak sekolah. Jadi, enggak heran kalau pas lihat ada tukang nasi uduk dikelilingi emak-emak. Bisa jadi mereka beli buat bekal anak mereka.


Ciri Khas Bekasi




Kalau dari informasi provinsi, bekasi itu masuk ke bagian provinsi Jawa Barat. Enggak heran kalau ada mata pelajaran bahasa sunda di setiap sekolah.


Tapi, karena letak geografisnya yang deket banget sama Jakarta. Mau enggak mau memengaruhi bahasa sampai selera makanan dari Betawi.


Di Bekasi sendiri bahasanya enggak murni Betawi. Tapi, ada campuran logat Betawinya. Ada dua istilah orang asli Bekasi.


Ada Bekasi yang campur sunda bahasa betawinya. Biasanya suka ngomong gini, "atuh bocah digerogeroin kagak denger. Ngejogrog bae di sono". Jadi, selalu ada kata yang asalnya dari bahasa sunda dalam kalimat hariannya. Tapi, tetap pakai logat betawi.


Satu lagi Bekasi ora. Nah, logat betawinya sering dicampur sama bahasa jawa. Misalnya, "noh, liat noh. Anak lu noh, ngegeremeng bae daris tadi. Kagak danta."


Semakin masuk ke bagian Kabupaten Bekasi. Semakin banyak orang Bekasi yang kadang kalau ngomong murni pakai bahasa sunda. Cuma ya itu, bahasa sunda khas Bekasi adalah bahasa sunda yang levelnya itu kasar.


Jadi, setiap pelajaran bahasa sunda. Terus ada orang sunda asli, entah dari bandung, sumedang atau tasik. Pasti akan komentar kalau bahasa sundanya kasar.


Padahal, bahasa sehari-hari kebanyakan masyarakat bekasi itu yaaa bahasa indonesia yang menggunakan logat betawi.


Kalau bahasa betawi sendiri enggak susah untuk dipahami. Paling ada beberapa kata yang mungkin tampak 'aneh' di telinga aja. Sisanya, enggak akan susah ngomong sama orang Bekasi.



Makanan Khas Daerah




Karena Bekasi ini banyak campuran dari Betawi dan Sunda. Jadi makanan khas daerah adalah makanan yang banyak lalapan. Sambelnya pun sambel mentah atau bukan sambel yang bawang dan cabenya digoreng dulu.


Sama kayak makanan khas daerah sunda yang banyak menyediakan lalapan seperti terong hijau kecil, kemangi, timun, kadang ada pete juga.


Kalau sajian yang mengikuti makanan khas daerah betawi di Bekasi itu kayak gabus pucung, awug awug, kerak telor, asinan betawi yang pedagangnya pakai gerobak terus ada kerupuk kuningnya, sampai semur jengkol yang sering jadi lauk di nasi uduk.


Jadi, kalau ke Bekasi terus diajak makan ke tempat makan mewah tapi lesehan alias duduk di bawah. Itu emang bukan hal yang aneh. Karena, campuran dari dua budaya.




Makanan Khas Daerah di Indonesia




Selama tinggal di Mustika Jaya, ada beberapa hal yang akhirnya membuat ipeh tersadar. Kalau beda daerah atau kecamatan di bekasi. Akan beda pula sajian dominan di daerah tersebut.


Saat tinggal di Rawa Lumbu, nyari penjual nasi uduk agak ribet. Seringnya harus ke kampung terdekat untuk beli sarapan. Soalnya, di daerah terutama di jembatan 13, yang jual nasi uduk sering berbeda.


Kalau mau dari pedagang yang sama, harus ke kawasan perkampungan. Nah, biasanya yang jual itu nenek-nenek yang kalau naro nasi di bungkusannya kayak enggak sengaja tumpah. Maksudnya porsinya bejibun.


Sementara waktu tinggal di pondok hijau, nah tukang nasi uduk berlimpah di sini. Mau sarapan soto mie khas bekasi, yang bening kuahnya terus ada tetelan sama bakso pun bisa. Etapi, ini yang bilang si abang penjualnya, ya. Dia bilang kalau soto mie yang dia jual khas bekasi.


Terus, pas pindah ke Mustika jaya ini. Yang mendominasi justru nasi pecel! Iya, nasi pecel makanan khas daerah jawa. Tapi, ini banyaknya di kawasan Mutiara Gading Timur aja, ya. Pas mampir ke Bekasi Timur Regency, menunya udah beda lagi. Menunya gorengan, hehe.


Di perumahan terdekat seperti Bumyagara juga sama. Banyak penjual makanan khas daerah jawa tengah seperti nasi gudeg. Tempatnya selalu rame, karena emang enak rasanya, enggak terlalu manis jadi sesuai sama lidah orang bekasi dan harganya murah.


Bahkan, kalau malam hari ada sajian Bakmi Djowo di perumahan Bumyagara ini. Yang rasanya enak dan sering rame. Apalagi udah dibangun Ropang di ruko terdekat. Makin rame aja setiap malam di sini. Jadi mikir kalau mau mampir, hehe.



Nasi Uduk Betawi




Sebenernya, nasi uduk tuh udah ada di pilihan makanan seperti ayam dan pecel lele goreng. Biasanya mereka akan nanya, mau nasi putih atau nasi uduk?


Tapi, nasi uduk versi betawi itu. Nasi uduk yang dicampur bihun goreng, telur dadar, tempe oreg, semur tahu, bisa pesan semur jengkol juga, serta ada bermacam gorengan.


Sarapan nasi uduk itu sama kaya sarapannya orang Palembang. Yang sudah biasa sarapan dengan pempek. Jadi, sudah seperti makanan yang khas. Bahkan, ada juga nasi uduk yang khusus buka di malam sampai dini hari.


Nasi uduk juga termasuk makanan khas daerah yang mudah dibuat. Enggah susah, tinggal tambahkan bumbu dapur saat masak nasi terus dicampur santan aja. Terus, bikin telur dadar dipotong tipis-tipis, sama masak tempe oreg pun sudah jadi sajian nasi uduk favorit.


Di beberapa daerah seperti JADETABEK. Beberapa tempat makan seperti Nasi Uduk Khas Betawi cabang Senayan. Biasanya udah tersedia. Menu di tempat tersebut, seperti menu nasi uduk pada umumnya. Tapi, lauknya lebih lengkap.



Penutup




Ngomongin makanan khas Bekasi sebenarnya enggak sederhana. Soalnya bukan Rumah Makan Sederhana khas Padang, hehe.


Iya, kalau sekelas bang Jeje yang pakarnya bahas tentang Betawi. Pasti bakalan panjang kali lebar bahas makanan. Karena, setiap daerah di nusantara ini saling memengaruhi budaya sejak dulu.


Makanan khas daerahnya pun bisa jadi hampir sama. Terkadang hanya beda penamaan saja.



Kalau Makanan Khas Daerah favorit pembaca apa?
Ngiderbae.my.id
Blogger, Writer, Pedagang Online

Related Posts

Subscribe Our Newsletter