Langkah-langkah Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris

presentasi inggris

Melakukan presentasi tak hanya dilakukan di dunia kerja, dalam perkuliahan, sekolah, hingga kehidupan bermasyarakat juga seringkali perlu melakukan presentasi. Seringkali presentasi harus dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Sebenarnya presentasi bahasa Inggris tidak jauh berbeda dengan bahasa Indonesia. Hanya saja dalam bahasa inggris kita perlu memperhatikan susunan kata dan grammar. 

Meskipun begitu kamu tetap bisa menjalankan presentasi dengan santai asalkan percaya diri dan menguasai materi dengan baik. Berikut ini :

Langkah-langkah melakukan presentasi dalam bahasa Inggris.

Menyiapkan Pembukaan

Seperti presentasi pada umumnya, hal pertama adalah menyiapkan kalimat pembuka. Kamu bisa mengucapkan salam dan rasa terima kasih kepada audiens karena telah menyempatkan hadir. Contoh pembuka adalah "Good morning/afternoon, ladies and gentlemen. I would like to say thank you for coming to our presentation today.  It’s great to see you all. (Selamat pagi/sore, hadirin sekalian. Terimakasih telah menghadiri presentasi kita hari ini. Senang melihat kalian semua.)".

Memperkenalkan Diri dan Tujuan Presentasi

Langkah berikutnya adalah memperkenalkan diri, hal ini bertujuan agar audiens tahu siapa yang akan menyampaikan presentasi. Contoh perkenalan yang bisa digunakan adalah "Let me introduce myself. My name is…, and I am from ...... (Izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya …., dari .....)". Kemudian sampaikan tujuan presentasi dan gambaran materi yang akan dibahas ketika presentasi.

Tanya Jawab dan Penutup

Setelah selesai kamu bisa membuka sesi tanya jawab, menarik kesimpulan, kemudian melakukan penutupan. Kamu bisa tutup dengan kalimat "Thank you very much for your great attention, ladies and gentlemen. (Terimakasih banyak untuk perhatiannya, hadirin sekalian.)"


Itulah langkah-langkah melakukan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Biasanya ketika melakukan presentasi bisnis atau pekerjaan yang bersinggungan dengan orang asing perlu menggunakan bahasa Inggris. Itulah mengapa kemampuan bahasa Inggris menjadi nilai plus tersendiri dalam dunia pekerjaan. 

Kamu bisa belajar lagi untuk meningkatkan kemampuan agar memiliki nilai lebih ketika melamar pekerjaan. Kamu bisa mengikuti kursus EF Adults yang menyediakan metode kursus menyenangkan dan fleksibel bagi karyawan yang sibuk. EF Adults juga menawarkan program belajar untuk bahasa Inggirs yang sering digunakan dalam dunia kerja profesional sperti perbankan, konstruksi, kesehatan, pertambangan, dan lainnya. Yuk segera bergabung di EF Adults untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.


Related Posts

Tidak ada komentar: