Ternyata Ragam Olahan Pisang Banyak Juga

Pisang

Buah apa yang paling disuka sama pembaca? Kalau Ipeh akan menjawab buah Pisang. Saking sukanya sama Pisang, sehari bisa menghabiskan satu tandan! Sungguh, aku maruk sekali. 

Kalau ditanya kenapa suka pisang? Jawabannya sederhana. Mudah didapat, harganya murah untuk beberapa jenis tertentu. Dan tetep enak meski diolah menjadi beragam bentuk. 

Kata Mas Agung, justru ada manfaat lain dari pisang. Yaitu Meningkatkan Stamina dan Punya Kandungan Gizi Yang Bagus.

Pisang. Sejatinya sering melekat pula sebagai kudapan yang setia menemani kopi atau teh manis. 

Coba deh, sering banget ditemui para penyair atau perangkai kata. Senantiasa mengaitkan sajian kopi hangat ditemani sepiring pisang goreng. 

Jarang ditemui, mengaitkan kopi dengan makanan lain seperti Gemblong, ketan ditaburi kelapa atau mungkin semangkuk bakso. Meski, di Bekasi pedalaman. Kopi atau teh manis pun lazim ditemani gemblong, pisang goreng dan juga ketan kelapa. 

Karena mudah didapat dan harganya juga sangat terjangkau. Terutama, karena di beberapa perkampungan, pohon pisang pun mudah ditanam sendiri di lahan kosong. Menjadikan buah pisang ini, bisa dan asik dinikmati untuk semua kalangan. 


Olahan Pisang Yang Enak Untuk Kudapan



1.Pisang Goreng


Pisang goreng


Sebenarnya, nama panganan ini enggak benar-benar seperti apa yang dibayangkan. Maksudnya, si Pisang ini enggak langsung digoreng begitu aja. 

Harus melewati proses lain seperti dikupas dari kulitnya, dipotong dengan ukuran sedang atau kadang kecil-kecil, kemudian dicampur dengan tepung serta gula dan sedikit garam. 

Barulah ia, si pisang ini, digoreng dengan minyak panas. Biasanya, aromanya akan semerbak sekali. Membuat perut mulai bergejolak. 

Apalagi, kalau Pisang yang dipilih ini, manis dan lembut. Makin tambah lupa waktu aja, kalau disajiin kudapan pisang goreng. 

Tapi, enggak semua pisang bisa dijadiin pisang goreng. Biasanya, yang paling sering dijadikan sajian pisang goreng itu jenis Pisang Kepok (bukan kepo), Pisang tanduk, Pisang baranang dan Pisang Uli. 


2. Sale Pisang


Pisang sale


Nah, ini mah kudapan paling asik. Dan biasanya didapat dari oleh-oleh keluarga atau saudara atau juga tetangga yang baru pulang kampung. 

Pisang yang dijadikan bentuk pipih, saat digigit akan terdengar bunyi 'kriuk' ini, suka bikin kangen. Soalnya, bentuknya berbeda dan pastinya enggak sembarangan jenis pisang yang bisa dijadikan pisang sale. 

Dibacanya Sale ya, S-A-L-E, seperti orang Indonesia. Hihi, iya, soalnya dulu waktu pertama dikasih pisang sale ini. Ipeh bacanya Pisang sale (pakai bahasa inggris). Ternyata, salah dong bacanya. 

Biasanya, jenis pisang seperti Pisang Raja Nangka, Pisang Tanduk dan Pisang Kapas yang dipakai untuk membuat Pisang sale ini. Soalnya, bentuknya yang panjang, jadi cocok dijadikan kudapan manis yang berlumur gula serta ada kriuknya. 


3. Bolu Pisang atau Cake Pisang


Bolu pisang


Kalau mau bikin Bolu Pisang atau Cake Pisang. Jenis Pisang ambon paling cocok dan sering diolah menjadi bentuk lain. Selain Pisang ambon, ada juga Pisang Baranang yang bisa diolah jadi cake atau bolu. 

Kedua jenis pisang ini teksturnya lembut. Dan kalau beruntung dapet yang manis, duh yaa manisnya tuh enak banget. Kalau diolah jadi sajian Bolu atau Cake malah bikin tambah legit dan aromanya kuat. 


4. Kolak Pisang


Kolak pisang


Ingat Kolak Pisang selalu ingat bulan Ramadan. Alhamdulillah Bulan Ramadan bisa dinikmati kemarin, meski di tengah pandemi seperti saat ini. 

Kenapa identik dengan bulan Ramadan? Soalnya, si Kolak Pisang ini selalu banyak tersedia saat Ramadan. Dan sering dijadikan sajian berbuka puasa. 

Kalau mau cari Kolak Pisang di luar Ramadan. Biasanya rada susah. Seringnya sih jadi harus bikin sendiri, gitu. 

Misalnya, pengen banget Kolak Pisang, pilih pisang dengan jenis Pisang Raja, Pisang Kepok, Pisang Nangka, Pisang Tanduk atau Pisang Uli. 

Khusus pisang nangka, aromanya tuh beda nih pisang. Enggak tau kenapa, rasanya juga manis, sering lebih manis dari pisang baranang dan teksturnya lembut. 

Cuma, engga tau kenapa, ya. Si Pisang Nangka ini susah banget ditemui di lingkungan tempat Ipeh tinggal. Kadang, harus nyari ke pasar induk dulu, baru ketemu, hiks. 


5. Pisang Molen Bandung


Pisang molen


Pertama kali menyicipi makanan khas Bandung ini. Waktu masih kecil. Dibawain oleh-oleh sama Bapak setelah beliau pulang dari Bandung. 

Bolen Kartika Sari Bandung. Terkenal banget dengan pisang bolen atau molennya. 

Bentuknya seperti roti berbentuk kotak. Di dalamnya biasanya berisi pisang, coklat dan keju batang. Saat digigit, teksturnya lembut, pisangnya manis dan pastinya makin lezat karena kombinasi coklat dan keju. 

Pisang yang dipakai untuk sajian Molen atau Bolen ini, biasanya jenis Pisang Uli. Tapi, pemilihan pisangnya ini sangat hati-hati. Soalnya, cita rasanya konsisten dan jarang ditemui ada Bolen Kartika Sari yang rasa pisang di dalamnya terasa masam atau keras. 

Karena konsisten dalam penyajian dan juga rasa. Wajar, kalau Molen Kartika Sari ini masih awet dan masih jadi favorit sampai sekarang. 


Penutup


Sebenarnya, masih banyak lagi sajian berbahan dasar Pisang, khususnya Keripik Pisang Cokelat khas Lampung yang selalu bikin nagih. Tapi, ada lagi jenis pisang lain yang dijadikan olahan berbeda. Seperti Pisang Cavendish yang sering dijadikan smoothies. Atau Pisang Susu yang biasanya dikasih untuk MPASI. 

Jenis pisang yang cukup banyak sampai mudah untuk didapat. Membuat Ipeh makin jatuh hati sama buah Pisang. Apalagi, kita enggak perlu mengikuti musim buah tertentu untuk mengonsumsi pisang. Karena, selalu ada dan harganya terjangkau. 

Beberapa jenis pisang pun sudah banyak dibudidayakan secara mandiri. Kadang, bahkan si Pohon Pisang ini numbuh sendiri tanpa direncanakan, hehe, di lahan kosong. 

Di Bekasi, setiap lahan kosong, pasti ada pohon pisangnya. Terlepas dari mitos pohon pisang tempat kunti sering menyapa. Pohon pisang ini selalu memiliki daya tarik tersendiri. 

Bayangin aja, mulai dari daunnya si Pisang ini bisa bermanfaat untuk bungkus makanan. Kemudian gedebongnya alias batangnya bisa dijadikan makanan dan kaya akan manfaat. Sampai Jantung Pisang pun bisa diolah jadi sayur yang enak banget. Apalagi buahnya, lezat dan bikin nagih. 


Kalau teman-teman, biasanya lebih suka olahan Pisang apa? 

Related Posts

Tidak ada komentar: